Museum Zoologi

MUSEUM ZOOLOGI

Museum Zoologi yang merupakan salah satu asset penting dan bagian yang tidak terpisahkan dari Kebun Binatang Bandung, berawal dari sebuah upaya penyelamatan jenis-jenis satwa langka koleksi Kebun Binatang Bandung yang mati di samping terdapatnya beberapa koleksi binatang yang diawetkan dalam keadaan tidak terurus.

Sekitar pertengahan tahun 1984, Yayasan Margasatwa Tamansari memandang perlu untuk mendirikan sebuah museum yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk penyimpanan koleksi binatang-binatang yang diawetkan tersebut. Sebagai sebuah rintisan, sebuah kantin yang berada tepat di tengah-tengah area Kebun Binatang, dirubah dan dijadikan sebagai ruang penyimpanan sekaligus sebagai ruang pamer.

Baru kemudian ketika menginjak awal tahun 1985, kantin tersebut berubah fungsi menjadi Gedung Informasi Flora dan Fauna Kebun Binatang Bandung, dan selanjutnya pada tanggal 12 Mei 1986 pengelolaannya diserahkan dan berada di bawah Unit Museum, Film, dan Perpustakaan.

Kemudian berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh Yayasan Margasatwa Tamansari pada tanggal 1 September 1988, Gedung Informasi Flora dan Fauna namanya dirubah menjadi Museum Zoologi yang pengelolaannya berada di bawah Bagian Informasi.

Karena berkenaan dengan masalah pemeliharaan dan perawatan koleksi yang membutuhkan keahlian khusus, terhitung mulai bulan Januari 2002 pengelolaan Museum kemudian dilimpahkan ke Bagian Poliklinik dan Karantina.

Koleksi Museum Zoologi, hampir semuanya berupa koleksi binatang-binatang yang diawetkan dan sebagian besar merupakan satwa langka koleksi Kebun Binatang Bandung yang mati dan tidak berpenyakit, yang sebelum diawetkan diotopsi secara seksama oleh bagian Poliklinik dan Karantina untuk menjamin tidak terdapatnya penyakit; dan apabila ternyata binatang langka tersebut dipastikan mengandung penyakit, maka ia akan dimusnahkan dengan segera.

Koleksi yang ada saat ini, terdiri dari beragam bentuk yang didasarkan atas klasifikasi biologis binatang, yaitu mamalia, unggas, ikan, dan binatang melata dan diawetkan dalam bentuk kering maupun basah.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai penyimpan data dan penyedia informasi untuk berbagai kepentingan, Museum Zoologi menyelenggarakan pameran tetap yang dibuka setiap harinya untuk umum. Di samping itu, dilakukan pula pameran berkala yang dilakukan atas permintaan dan kerjasama dengan berbagai lembaga, institusi, dinas, ataupun instansi terkait lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: